Kesehatan

Proses Penularan Virus Hepatitis A Dari Makanan

Proses Penularan Virus Hepatitis A Dari Makanan

Proses Penularan Virus Hepatitis A Dari Makanan

Proses penularan virus hepatitis – Akhir-akhir ini penyakit hepatitis memang tengah meresahkan masyarakat luas. Bukan tanpa sebab, mengingat prevalensi penderitanya sampai saat ini terus bertambah.

Penyakit ini juga tergolong penyakit yang menyebabkan kematian dengan angka yang cukup tinggi.

Pernah dengar pada beberapa tahun silam tentang puluhan mahasiswa IPB yang terjangkit hepatitis A dan bahkan satu di antaranya sampai meninggal dunia?

Ya, hal inilah yang membuat Anda harus meningkatkan kewaspadaan agar Anda dan keluarga tidak ada yang tertular penyakit ini, kalaupun ada. Sebaiknya segera periksakan ke pusat kesehatan untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan hepatitis yang tepat, sehingga tidak menularkan pada orang-orang disekitar Anda.

Umumnya, gejala infeksi hati akibat virus hepatitis A ini muncul sekitar satu bulan setelah serangan virus. Pada anak, biasanya infeksi berlangsung tanpa gejala.

Semakin bertambah usia seseorang saat terserang, gejala yang dirasakan biasanya akan semakin berat. Awalnya, Anda akan merasa demam, kehilangan nafsu makan, lemas, mual, nyeri perut, urine berwarna gelap seperti teh, hingga munculnya kuning di mata dan kulit.

Waspada! Virus Hepatitis A Sangat Mudah Menular Melalui Makanan/Minuman

Penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus hepatitis A ini termasuk ke dalam jenis penyakit yang sangat menular terutama melalui makanan yang telah terkontaminasi kotoran dari penderita virus hepatitis A, .

Proses Penularan Virus Hepatitis A Dari MakananSehingga mengharuskan Anda untuk lebih waspada dan lebih menjaga lagi kebersihan makanan atau air yang akan dikonsumsi.

Hepatitis A juga pada umumnya lebih mudah menyebar di wilayah padat dan memiliki masalah dengan kebersihan, seperti susah air bersih, serta akses terbatas ke sarana sanitasi.

Dan berikut ini merupakan proses serta beberapa penyebab menularnya virus hepatitis A.

  • Mengonsumsi makanan yang di masak oleh penderita hepatitis A yang tidak mencuci tangannya terlebih dulu setelah menggunakan toilet
  • Menonsumsi kerang mentah dari air yang tercemar limbah
  • Mengonsumsi es atau minuman yang terkontaminasi
  • Melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi virus hepatitis
  • Berhubungan seksual, khususnya oral dan anal seks dengan penderita hepatitis A.

Guna mencegah penularan, cara awal yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyebaran virus hepatitis A adalah dengan selalu menjaga kebersihan. Misalnya membersihkan tangan sebelum menyiapkan makanan atau sebelum makan, serta cuci tangan dengan sabun setelah menggunakan toilet.

Hindari juga berbagi perlengkapan makan, sikat gigi dan handuk . Karena pemakaian barang pribadi secara bersamaan akan memudahkan virus hepatitis leluasa menyebar ke tubuh Anda.

Tidak ada pengobatan spesifik untuk hepatitis A, karena penyakit ini umumnya akan sembuh dengan sendirinya setelah 6-12 minggu. Namun terkadang, penderitanya perlu dirawat di Rumah Sakit jika gejalanya berat.

Sumber : Dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s